Operational excellence
adalah desain dan kinerja dari system dan suatu proses yang terintegrasi yang
menghasilkan strategi unggul, kompetitif dan nilai operasional melalui
kecepatan, fleksible dan dapat beradaptasi untuk mencapai tujuan yang lain.
Empat Prinsip operational excellence adalah :
- Mencari perbaikan adalah naluriah
- Organisasi berupaya tanpa henti untuk membuat hal-hal baru untuk mencapai sukses dengan waktu yang panjang
- Keunggulan merupakan antusiasme pemimpin hebat
- Mencari kesempurnaan yang hakiki tidak mungkin tercapai
Empat pilar strategi dalam
mencapai kinerja unggul, yaitu :
1. Operational excellence dan agility
2. Kepemimpinan
3. Inovasi
4. Teknologi informasi
Prinsip menurut Steven
Covey prinsip merupakan kebenaran yang mendasar hukum alam yang universal
dipahami abadi dan fundamental, nilai hal yang mengatur tindakan, Prinsip
mengatur konsekwensi tindakan dan juga sebagai Agent perubahan
Keselarasan system dengan
prinsip mengandung arti :
- Pekerjaan dalam organisasi adalah hasil dari system yang dirancang untuk mencapai sasaran tertentu dengan perilaku tertentu
- Keunggulan operasional memerlukan perilaku ideal dengan hasil yang konsisten dan ideal dengan prinsip pemikiran ilmiah
- Peran manajer : “ harus bergeser dari solusi persoalan, kepada merancang, menyelaraskan dan memperbaiki system “
Operational Excellence
akan mengendalikan nilai perusahaan
sehingga dapat :
- Mengurangi Kompleksitas. Memaksimalkan transparansi
- Mengoptimalkan biaya operasi
- Mengembangkan kualitas informasi untuk pengambilan keputusan
- Waktu sirkulasi yang lebih pendek dan peningkatan produktivitas
- Berintegrasi dengan komponen lainnya pada strategi dan kinerja bisnis
Perbedaan Operational Exellence dengan
Operatinal Konfensional terdahulu adalah
·
Operational
Excellence menjadikan lebih focus pada
prinsip dan prinsip yang di pegangan adalah prinsip yang bebar sedangkan
·
Kebijakan
tradisional sering didasarkan prinsip yang lama dan hanya satu prinsip pada
satu waktu
No comments:
Post a Comment